Upgrade ProgramSMS ke versi 2.0 dari versi sebelumnya di Windows Vista/Windows 7

Tulisan ini tidak berlaku bagi :

  • Pengguna Windows XP
  • Pengguna ProgramSMS di Windows 7 yang mulai menggunakan ProgramSMS sejak versi 2.1 (tidak upgrade dari versi sebelumnya)

ProgramSMS membutuhkan privilege sebagai administrator jika dijalankan pada sistem operasi Windows Vista atau Windows 7. Sejak versi 2.0, ProgramSMS mengikuti tatacara resmi bagi program aplikasi yang membutuhkan privilege administrator.

Update: Sejak versi 2.1 ProgramSMS sudah diperbaiki sehingga tidak membutuhkan privilege sebagai administrator. Baca selengkapnya disini.

Hal ini membawa “masalah” tersendiri bagi pemakai ProgramSMS versi lama yang upgrade ke versi 2.0 karena ProgramSMS versi lama belum menggunakan tatacara resmi.

Setelah menginstall & menjalankan ProgramSMS versi 2.0 atau yang lebih baru menumpuk ProgramSMS yang lama, maka pada saat dijalankan bisa jadi semua data anda terlihat “hilang”. Phonebook, Inbox, Sent, dll menjadi kosong semua.

Jangan khawatir karena sebenarnya DATA ANDA TIDAK HILANG.

Jika anda mengalami gejala seperti diatas, maka prinsip penyelesaiannya adalah anda harus meng-copy file bernama lemari.s3db dari folder:

C:\Users\NAMAUSER\AppData\Local\VirtualStore\Program Files\ProgramSMS

ke folder tempat instalasi ProgramSMS yang defaultnya adalah:

C:\Program Files\ProgramSMS

Berikut ini adalah tutorial langkah demi langkah untuk melakukan hal tersebut:

  1. Tutup ProgramSMS jika sedang berjalan.
  2. Jalankan windows explorer, kemudian masuk ke folder C:\Users\NAMAUSER\AppData\Local\VirtualStore\Program Files\ProgramSMS
    NAMAUSER berarti user name yg anda gunakan untuk login ke Windows.
  3. Pada folder tersebut ada file bernama lemari.s3db. Perhatikan ukuran file tersebut, lalu sorotlah file tersebut lalu tekan Ctrl-C untuk meng-copy file tersebut
  4. Masuk ke folder tempat anda menginstall ProgramSMS (default C:\Program Files\ProgramSMS). Pada folder ini juga ada file bernama lemari.s3db.
  5. Perhatikan apakah ukuran file pada langkah 3 lebih besar daripada langkah 4. Jika iya, tekan Ctrl-V untuk mem-paste file yang sudah anda copy pada langkah 3, menumpuk file yang sudah ada.
  6. Silahkan gunakan ProgramSMS kembali seperti biasa.

Catatan: Jika anda tidak mengalami gejala seperti diatas, maka anda tidak perlu melakukan apapun.

Kembali ke homepage ProgramSMS

This entry was posted in Berita and tagged , . Bookmark the permalink.