7 Juli 2011 – ProgramSMS Versi 1.8 (Subscriber pada Data Kontak)

Salam jumpa kembali para pemakai ProgramSMS!

Pada versi 1.8 ini diperkenalkan istilah subscriber. Subscriber adalah kontak yang dapat kita kirim SMS massal. Kontak/orang yang bukan subscriber tidak dapat kita masukkan nomornya kedalam daftar kirim pada layar pengiriman SMS massal, tapi dapat kita kirimkan SMS biasa melalui layar utama ProgramSMS.

Maksud “fitur” subscriber ini adalah untuk mencegah kita tanpa sengaja mengirimkan SMS massal kepada orang yang tidak bersedia menerimanya. Konsep ini akan dikembangkan lagi dimasa depan untuk mempertegas karakter ProgramSMS sebagai SMS gateway “baik-baik”.

Secara default, semua kontak yang kita masukkan dari layar edit kontak dan import dari file CSV memiliki status sebagai subscriber.

Pengembangan pada layar edit data kontak

  • Checkbox/contreng subscriber pada data kontak untuk menentukan apakah orang yang bersangkutan adalah subscriber atau bukan.
  • Kotak pilihan group sudah dibuat lebih besar sehingga lebih mudah digunakan. Sangat membantu kalau anda punya banyak group.

Pengembangan pada layar kirim SMS massal

Seperti tertulis diatas, kontak yang bukan subscriber tidak dapat dimasukkan kedalam daftar kirim. Misalnya kita pilih sebuah group berisi 500 orang dimana 490 diantaranya adalah subscriber dan 10 orang lainnya bukan subscriber, maka ProgramSMS hanya akan memasukkan 490 orang subsciber tersebut kedalam daftar kirim. 10 orang lainnya tidak diproses.

Pengembangan dan perbaikan lain

  • Pada saat mengetik SMS, sekarang anda dapat mengetahui berapa jilid/part SMS tersebut pada saat dikirimkan. Sesuai standar GSM untuk pengiriman pesan berhuruf latin biasa (7-bit), panjang part SMS adalah 160 karakter.
  • Perbaikan layar SMS history.
  • Perbaikan kosmetik pada tombol-tombol supaya tampak lebih bagus.

Demikianlah pengembangan pada ProgramSMS versi 1.8.

Terima kasih.

This entry was posted in Berita and tagged , . Bookmark the permalink.